FAQ

Akreditasi

Untuk mendapatkan bukti dokumen akreditasi dari BAN-PT:

  1. Buka Direktori SK Hasil Akreditasi Program Studi;
  2. Pilih tingkat pendidikan anda (S1), isikan nama perguruan tinggi dan nama program studi Anda, lalu klik Cari;
  3. Pilih Print Halaman Ini; atau pilih perguruan tinggi Anda, lalu klik kanan mouse Anda, kemudian klik Cetak;
  4. Lakukan proses scan dokumen.

Apabila tidak ditemukan pencarian pada laman Badan Akreditasi Nasional maka bukti akreditasi dapat diperoleh dari almamater yang bersangkutan.

Apakah bisa menggunakan SK penyetaraan ijazah yg dikeluarkan Dikti sebagai pengganti bukti akreditasi jurusan?

Bila Anda adalah lulusan perguruan tinggi di luar negeri, Anda dapat mengunggah SK Dikti untuk menggantikan berkas bukti akreditasi jurusan.

Apa yang dimaksud dengan akreditasi BAN-PT harus diunduh dalam format PDF?

Langkah pertama silakan Anda buka laman BAN-PT, lalu cari akreditasi dari jurusan Anda, kemudian pindai laman akreditasi jurusan tersebut ke dalam format PDF.

Bila keterangan mengenai akreditasi jurusan Anda sudah terdapat di ijazah, kami mohon Anda untuk mengunggah ijazah kembali di kolom bukti akreditasi.

Batas Usia

Di dalam pengumuman kami disyaratkan batas usia 30 tahun 0 hari 0 bulan pada tanggal 1 Desember 2017. Jika Anda telah berusia lebih dari 30 tahun 0 hari 0 bulan di tanggal 1 Desember 2017 maka artinya Anda tidak memenuhi persyaratan yang kami inginkan.

Foto, Ijazah, Transkrip, KTP

Kami mensyaratkan pelamar untuk mengunggah pasfoto berwarna 4 x 6. Tidak ada aturan khusus untuk warna tertentu di foto.
Untuk lulusan D4 yang boleh mendaftar hanya dengan latar belakang formasi jurusan Akuntansi.
Kami membutuhkan 4 lembar transkrip nilai Anda untuk melihat jumlah SKS, mata kuliah yang diambil, dan nilainya sebagai pendukung nilai IPK dan latar belakang pendidikan Anda.
Untuk hal ini, KTP lama Anda dapat digunakan. Berkas yang diunggah adalah KTP lama Anda disertai bukti pengurusan perpanjangan KTP. Apabila saudara diterima seleksi administrasi maka Anda diharuskan membawa bukti pengurusan perpanjangan KTP/ pembuatan KTP baru dan salinan KTP lama pada saat pengesahan Kartu Peserta Ujian (KPU) untuk ujian TKD atau TKB.
Jika KTP Anda hilang, kami meminta Anda untuk mengunggah salinan fotokopi lama disertai surat bukti kehilangan yang dikeluarkan oleh kantor polisi.

Lain-lain

  • Cara memindai (scan) dokumen dengan jenis PDF (*.pdf) agar ukurannya menjadi lebih kecil:

    1. Pilih Output Type (hasil scan) dengan jenis Black & White, bukan Color atau Grayscale.
    2. Apabila ukuran berkas masih terlalu besar untuk diunggah, ubah Image Quality menjadi Low atau Small File.
  • Cara men-scan foto dengan jenis JPEG (*.jpg), agar ukurannya menjadi lebih kecil:

    1. Gunakan Microsoft Office Picture Manager, pilih Edit Picture, lalu pilih Resize dengan mengubah ukuran foto menjadi E-mail Large. Apabila masih belum sesuai dengan kebutuhan, ubah menjadi E-mail Small.
    2. Gunakan Microsoft Office Picture Manager, pilih Edit Picture, lalu pilih Compress Pictures, kemudian pilih sesuai dengan jenis Compress yang Anda butuhkan: Web Pages atau E-mail Messages.
Pada saat mengunggah, kami mohon pelamar untuk mengunggah berkas sesuai dengan persyaratan dan kapasitas berkas unggahan tersebut. Tidak kami permasalahkan apakah itu dokumen yang asli atau yang sudah dilegalisir.
Bila Anda mengalami hal tersebut silakan untuk mencobanya kembali beberapa jam kemudian atau pada saat malam hari, karena kemungkinan pada saat itu banyak calon pelamar yang sedang masuk mengakses laman CPNS.
Kartu Peserta Ujian (KPU) dapat diunduh di laman pelamar CPNS ketika pengumuman seleksi sudah tersedia.
Hal tersebut dapat disebabkan karena kesibukan di server kami dan/ atau kualitas jaringan di tempat Anda. Kami sarankan Anda mencoba mengunggahnya di malam hari di mana pada saat malam hari server kami tidak sedang dibuka oleh banyak pelamar.